Program Lotim Berkembang Kembali Bergulir pada Tahun 2024 dengan Stimulus 1 Miliar

- Penulis Berita

Kamis, 18 Januari 2024 - 13:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik berbincang dengan salah satu pedagang di taman kota selong, yang juga memanfaatkan program Lotim Berkembang tahun sebelumnya. (foto/istimewa).

Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik berbincang dengan salah satu pedagang di taman kota selong, yang juga memanfaatkan program Lotim Berkembang tahun sebelumnya. (foto/istimewa).

LOMBOKINI.com — Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) berkolaborasi dengan PT Pegadaian Syariah Lombok, kembali menggulirkan program Lotim Berkembang, pada Rabu, (17/1/2024). Program kredit tanpa bunga ini, diharapkan dapat memerangi rentenir.

Penjabat (pj) Bupati Lotim, HM Juaini Taofik, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT Pegadaian Syariah Lombok. Program Lotim Berkebang ini, sebagai akronim memberantas rentenir.

Melalui kredit tanpa bunga ini, dikatakan Juaini Taofik, merupakan salah satu produk andalan dari tim percepatan akses keuangan daerah.

“Mulai dari bulan Oktober 2022, sampai hari ini dengan stimulus hanya 1,3 miliar akan bisa memfasilitasi 6000 lebih pelaku UMKM yang nilai omsetnya mencapai 47 miliar,”ungkap Juaini Taofik.

Program Lotim Berkembang pada Tahun 2024 ini, diungkap Juaini Taofik, stimulus 1 miliar. Rencananya akan menyasar beberapa UMKM dengan omset 50 sampai 60 miliar.

“Kita berdoa semoga program ini berhasil dan pada saatnya nanti berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrim di Kabupaten Lombok Timur,” ujarnya.

Lebih lanjut, program Lotim Berkembang atau Lombok Timur brantas rentenir melalui kredit tanpa bunga yang telah digulirkan sejak 2020 lalu terus dikembangkan termasuk dari sisi sasarannya.

Sejak tahun 2022 lalu, Lotim Berkembang tidak hanya memberikan bantuan subsidi bunga bagi peternak. Akan tetapi juga bagi pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM.

Salah seorang pedagang yang memanfaatkan program Lotim Berkembang bagi UMKM, Munahar, mengaku merasakan manfaat program tersebut. Ia mengaku meminjam 10 juta.

Munahar yang ditemui Pj Bupati ketika berjualan rujak di sekitar Taman Rinjani Selong, merasa tidak berat mengembalikan pinjaman. Kendati menurutnya, hanya mengembalikan modalnya saja.

“Saya bersyukur apa yang dijanjikan sama dengan yang di realisasikan,”ungkapnya.(Lk)

Baca Juga :  KPU Lombok Timur Kukuhkan 105 PPK untuk Pilkada 2024

Penulis : Ong

Editor : Redaksi

Berita Terkait

Pj Bupati Lombok Timur Buka Bimtek TKDN bagi Industri Kecil
Eks Tambang Disulap Jadi Lahan Agrobisnis, Hasilkan Omzet Rp 250 Juta Per Tiga Bulan
Bazar dan Mini Expo 2024 Bagek Nyaka Santri Resmi di Buka Pj Bupati Lotim
Tahun Ini Bapenda Lotim Perbarui Data WP Usang serta Menurunkan Tarif Pajak PBB
BPJamsostek Dinilai Mampu Mencegah Miskin Ekstrem Baru di Lotim
BBPOM Mataram Temukan Bahan Berbahaya dalam Jajanan yang Dijual di Pasar Mandalika
Budidaya Anggur di Dusun Merca Timur Berkembang Pesat Berkat Program Pendampingan Ekonomi
Perum Bulog Lotim Keluarkan 140,520 Kg Beras Gratis untuk Masyarakat Sakra Timur dan Selong