Kampung Tangguh Kembang Kuning Dilaunching Kapolri dan Panglima TNI

  • Whatsapp
Wakil Gubernur NTB, Bupati Lombok Timur, Kapolda NTB dan Danrem 162/WB pada acara launching Kampung tangguh nusantara program TNI-Polri di desa Kembang Kuning, Kamis, 9 juli 2020. LK

LOMBOKINI.com  Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lombok Timur salah satu desa wisata andalan provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa yang terletak dibawah kaki gunung rinjani ini memiliki sejuta keindahan yang mempesona.

Tak hanya indah, keramahan masyarakat, kekompakan pemuda serta aktivitas warganya masih tradisional sehingga membawa desa ini menjadi juara pertama lomba desa wisata tingkat nasional kategori desa berkembang pada tahun 2019 lalu.

Ditengah pandemi covid-19 ini pun, desa wisata dengan penduduk 2.122 (610 KK) ini semakin berbenah.

Tempat cuci tangan sangat mudah ditemukan, bahkan desa tersebut menjadi kawasan wajib masker.

Itu semua semakin mempercantik desa Kembang Kuning layaknya gadis cantik yang baru tumbuh remaja dan penuh prestasi.

Kampung tangguh nusantara sendiri merupakan program khusus Kapolri dan Panglima TNI dalam rangka penanganan Covid-19 di bidang kesehatan, keamanan dan sosial ekonomi.

Kampung tangguh di desa berhawa sejuk ini di launching secara virtual oleh Kapolri Jendral Pol. Drs. Idham Azis, M. Si dan Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti  Rohmi Djalillah pada kesempatan itu mengatakan pihaknya bersyukur Provinsi NTB diberikan Kapolda dan Danrem seperti Pol. M. Iqbal dan Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani yang sangat aktif dan kompak di masa pandemi.

Dikatakan Sitti Rohmi, faktor paling sulit adalah mengedukasi masyarakat karena dalam melakukan edukasi membutuhkan lompatan-lompatan dan cara baru, maka program kampung tangguh ini salah satu cara yang sangat efektif, dan terbaik dimasa pandemi Covid-19.

“Faktor paling sulit adalah mengedukasi masyarakat. Dalam edukasi pun perlu cara-cara dan lompatan-lompatan baru, kampung tangguh ini salah satu cara terbaik dalam mencegah penularan covid-19,” ujar Sitti Rohmi, Kamis, 9 Juli 2020 di desa Kembang Kuning pada prosesi launching kampung tangguh.

Sitti Rohmi mengatakan, berkat kekompakan semua pihak, tidak ada yang sulit ditengah-tengah masyarkat kita. Karena menurutnya, perekonomian NTB di masa pandemi ini semakin membaik.

Namun demikian, “pekerjaan rumah” berupa edukasi harus terus menerus kita lakukan kepada masyarakat dengan penerapan protokol Covid-19.

“Dengan adanya peluncuran Kampung Tangguh Nusantara mengambil lokasi di NTB menjadi penyemangat baru di tengah pandemi Covid-19. Sektor pertanian dan peternakan akan terus digeliatkan untuk mendukung daya tahan ekonomi.” tutupnya.

Rangkaian seremoni panen raya dalam peluncuran itu, Wakil Gubernur didampingi Kapolda NTB, Danrem, Bupati Lombok Timur memakai topi, sepatu hingga sarung tangan untuk melakukan panen raya padi, panen ikan dan melihat Industri kreatif UMKM desa wisata Kembang Kuning.

Peluncuran Kampung Tangguh Nusantara itu, dihadiri secara virtual oleh Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis, M.Si serta Panglima TNI, Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto, S.I.P. Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah; Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K.,MH.; Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos.,SH.,M.Han.; Bupati Lotim, HM Sukiman Azmi, serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi NTB. LK

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *