Izin Ritel Modern Bertentangan dengan Semangat Memajukan UMKM

  • Whatsapp
Surat Izin ritel modern di Lombok Timur yang dikeluarkan DPMPTSP Lotim.

LOMBOKINI.com – Beredar surat izin pendirian ritel modern (Alfamart) di WhatsApp Gruop (WAG) Lombok Discussion Club (LDC), Kamis malam, 9 Juli 2020

Tidak tanggung-tanggung, izin baru yang ditandatangani Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lotim, Muksin, sebanyak 30 titik.

Dari surat yang beredar diketahui surat itu dikeluarkan terhitung sejak 26 Juni 2020 lalu. Kepada pihak Alfamart juga diminta berkas kelengkapan atas disetujuinya pembukaan izin lokasi.

Pemberian izin ini bertolak belakang dengan komitmen Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy dan janji kampanye pasangan Sukiman-Rumaksi yang tidak akan memberikan atau memperpanjang izin ritel modern di kabupaten Lombok Timur.

“Apa yang dilakukan Pemkab Lotim ini akan menimbulkan distrust (ketidakpercayaan). Omongan kepala daerah tidak bisa dipegang,” kata Ketua Gabungan Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Gaspermindo) NTB, Ada Suci Makbullah, Kamis, 9 Juli 2020 kepada media.

Baca Juga

Apa yang dilontarkannya selaku ketua Gaspermindo ini bukan tanpa alasan. Terlebih sebelumnya tahun pertama Sukiman Azmy menjabat bupati, menegaskan tidak akan memperpanjang, apalagi mengeluarkan izin baru bagi ritel modern.

Keluarnya 30 titik izin dari Pemkab Lotim itu disebutnya seperti menepuk air di dulang. Bupati Lombok Timur dianggap termakan omongan sendiri.

“Bupati Lotim termakan dengan omongannya sendiri. Selain itu, semangat memajukan UMKM di NTB khususnya Lotim bertentangan dengan dikeluarkannya izin tersebut,” ujar Ada Suci Makbullah.

Seperti diketahui pemprov NTB ditengah menghadapi wabah Covid-19 fokus memberdayakan IKM/UMKM lokal bahkan pemberdayaan melalui JPS Gemilang.

Pemrov NTB bahkan memberikan permodalan, Medukung perekonomian di desa melalui pengelolaan BUMDes dan memberdayakan UMKM, malah Lombok Timur mengeluarkan izin, kan aneh. LK

Berikut tayangan berita Bupati Lombok Timur tahun pertama pemerintahan Sukiman-Rumaksi ( SUKMA ) menolak izin ritel modern yang ditayang LPP Selaparang TV :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *